Tips Dalam Memilih Pembalut Yang Aman, Nyaman Dan Sehat

Haid merupakan siklus natural yang biasa dirasakan oleh kalangan hawa tiap bulan. Pada saat haid, Kamu bakal memerlukan pembalut charm body fit guna menampung darah yang keluar.

Tetapi perlu diingat, jangan sembarangan dalam memilah pembalut. Salah dalam memilah pembalut bisa berdampak parah buat kesehatan organ reproduksi Kamu. Terus, gimana memilah pembalut yang nyaman serta aman digunakan?

Metode memilah pembalut yang aman

Pembalut merupakan barang penyerap haid yang sangat universal dikenal banyak orang. Pembalut kerapkali jadi andalan untuk para wanita yang lagi haid.

Barang berupa persegi panjang ini terkategori murah, gampang ditemui, serta berisi material- material yang bisa meresap darah haid.

Terdapat bermacam tipe pembalut yang tersebar di pasaran. Supaya nyaman serta aman dikala digunakan, memilih pembalut perempuan yang bisa penuhi kriteria selaku berikut:

1. Sesuaikan dengan kebutuhan

Salah satu langkah dalam memastikan pembalut perempuan yang nyaman merupakan sesuaikan dengan kebutuhan serta volume darah haid Kamu yang keluar.

Siklus haid pada tiap wanita cenderung bermacam- macam. Sebagian wanita bisa jadi terdapat yang hadapi siklus haid panjang, sedangkan yang lain terkategori pendek. Terdapat pula yang mempunyai volume darah haid banyak ataupun darah haid sedikit.

2. Tipe pembalut

Tipe pembalut yang universal digunakan merupakan pembalut sekali gunakan serta pembalut kain. Kedua tipe pembalut tersebut mempunyai kelebihan serta kekurangan tiap- tiap.

Pembalut sekali gunakan diketahui sebab kepraktisannya. Cocok namanya, sehabis dipakai, Kamu dapat langsung membuangnya. Walaupun demikian, pembalut sekali gunakan dibuat lewat bermacam proses kimiawi.

Memakai pembalut sekali gunakan tidak menutup mungkin bisa membuat sebagian perempuan bisa jadi rentan hadapi iritasi akibat paparan bahan kimia.

Di sisi lain, pembalut kain bisa dipakai kesekian kali sehabis cuma sekali menghasilkan duit buat membelinya.

Hendak namun, pada sebagian perempuan pemakaian pembalut kain bisa jadi bisa merepotkan. Alasannya, selepas konsumsi, Kamu wajib cuci pembalut supaya bisa digunakan kembali.

Sama semacam pembalut sekali gunakan, pembalut kain terdapat yang dilengkapi dengan“ sayap” serta tidak. Pembalut kain muncul dengan dimensi serta energi serap yang berbeda. Biasanya, pembalut kain tidak menimbulkan alergi ataupun iritasi pada zona kewanitaan sebab dibuat dari material katun.

Oleh karena itu, pertimbangkan kelebihan serta kekurangan tipe pembalut saat sebelum membeli. Sehabis itu, Kamu bisa memastikan tipe pembalut yang sangat nyaman serta aman buat digunakan.

3. Energi serap pembalut

Semacam yang telah disebutkan tadinya kalau siklus haid yang dirasakan oleh tiap wanita pasti berbeda- beda. Seberapa banyak darah yang biasa Kamu keluarkan pula butuh jadi pertimbangan dikala memilah pembalut yang nyaman.

Memilih pembalut dengan energi serap yang baik serta cocok dengan banyaknya darah yang biasa keluar dikala Kamu haid.

Kamu bisa jadi bisa mengenakan pembalut dengan energi serap besar ataupun ketebalan optimal pada hari dikala darah yang keluar lumayan deras. Sedangkan, dikala darah telah mulai sedikit, ubah pembalut tipis dengan energi serap lebih ringan.

4. Bentuk dari pembalut

Panduan memilah pembalut yang nyaman berikutnya merupakan memilih wujud pembalut cocok dengan kebutuhan.

Sebagian orang bisa jadi merasa lebih nyaman dikala memakai pembalut berdimensi sangat panjang. Sedangkan, sebagian orang yang lain lebih memilah memakai pembalut berdimensi standar.

Sebagian wanita juga terdapat yang lebih aman dikala memakai pembalut dengan“ sayap”, sebaliknya yang yang lain bisa jadi tidak.

Perihal tersebut ialah preferensi individu, namun yang terutama pertimbangkan energi serapnya supaya seluruh darah haid yang keluar bisa tertampung seluruhnya serta tidak bocor.

Demi keamanan, Kamu bisa mengubah pembalut lebih kerap apabila takut darah yang mengalir berisiko bocor ataupun tidak bisa terserap seluruhnya.

5. Pembalut tanpa aroma wewangian

Saat ini, sebagian tipe pembalut yang dijual di pasaran terdapat yang ditambah dengan aroma wewangian.

Tetapi, hendaknya seleksi pembalut yang tidak memiliki aroma pengharum guna melindungi kesehatan Miss V. Pembalut yang memiliki aroma wewangian tidak nyaman untuk organ reproduksi serta zona kewanitaan Kamu.

Bagi seseorang dokter isi asal Amerika Serikat, Mary Jane Minkin, Meter. D., zat pewangi di dalam pembalut perempuan ialah alergen yang bisa merangsang zona Miss V yang sensitif dengan gampang.

Perihal tersebut bisa merangsang bermacam pemicu, mulai dari gatal, ruam, peradangan, sampai bengkak pada Miss V. Bila aroma wewangian memunculkan respon yang kurang baik pada penyeimbang kuman baik di Miss V hingga bisa tingkatkan resiko peradangan kuman serta jamur.

Tidak hanya hal- hal yang sudah disebutkan di atas, Tubuh Standardisasi Nasional( BSN) sudah membuat acuan dalam memilah pembalut yang nyaman. Bersumber pada SNI 16- 6363- 2000, persyaratan buat merk pembalut yang nyaman buat perempuan, meliputi:

Pembalut dibuat dari bahan kapas serap, kertas serap, katun serap rayon, katun olahan, karboksimetilselulosa, pulpa jonjot, serta kasa.

Pembalut perempuan dibuat dengan bersih, tidak memiliki kotoran serta zat asing, tidak menimbulkan iritasi ataupun dampak yang membahayakan yang lain, tidak menimbulkan serabut lepas pada waktu digunakan, dan tidak berbau serta lembut.

Pembalut perempuan wajib bercorak putih, kecuali selaku ciri ataupun bukti diri pada sisi yang tidak bersentuhan dengan badan.

Pembalut mempunyai tingkatan keasaman ataupun kebasaan yang netral terhadap fenolftalein serta jingga metil, tidak berfluoresensi kokoh ataupun tidak terdapat fluoresensi yang menampilkan terdapatnya kontaminasi pada sisi yang bersentuhan dengan badan.

Pembalut mempunyai energi serap tidak kurang dari 10 kali berat pembalut.

Pembalut tidak gampang bocor serta tidak gampang robek.

Kapan waktu yang pas buat mengubah pembalut?

Waktu pas buat mengubah pembalut merupakan dikala pembalut yang Kamu pakai telah tidak sanggup lagi menampung darah. Bila Kamu tidak kunjung mengubahnya dengan pembalut yang baru, kebocoran dapat saja terjalin.

Mengubah pembalut sesungguhnya bergantung dari seberapa banyak volume darah haid yang keluar. Tetapi, secara universal, Kamu dianjurkan mengubah pembalut tiap 3- 4 jam sekali,. Perihal tersebut pula berlaku dikala volume darah haid yang keluar tidak sangat banyak.

Butuh diingat, berarti untuk Kamu buat mengubah pembalut secara tertib meski darah haid yang keluar tidak sangat banyak. Tidak hanya menghindari kebocoran, perihal tersebut pula bertujuan buat menjauhi bau kuman yang berasal dari darah haid.

Gimana metode mensterilkan pembalut yang telah penuh?

Sesaat sehabis mengubah pembalut, jangan kurang ingat buat cuci pembalut yang sudah penuh sampai tidak terdapat lagi darah di dalamnya.

Bila Kamu tidak dapat mencucinya, bungkuslah pembalut sisa gunakan memakai kantong plastik ataupun tisu wc terlebih dulu saat sebelum membuangnya ke tempat sampah.

Hendaknya, jangan membuang pembalut sisa gunakan ke dalam wc. Alasannya, dimensi pembalut yang lumayan besar bisa membuat wc jadi tersumbat.


Post a Comment

0 Comments