Cara Mengelola Keuangan Harian Untuk Pelaku UMKM

Untuk Anda yang menjadi pelaku UMKM atau memiliki bisnis lain dengan hitungan penghasilan harian, seperti warung dan lainnya, pengelolaan tentang keuangan menjadi hal yang begitu krusial. Ya, pengaturan pada keuangan harian nantinya akan berdampak pada bagaimana bisnis Anda akan berjalan.



Satu dari sekian kesalahan para pelaku UMKM yang membuat bisnis mereka stuck adalah pengelolaan keuangan mereka yang kurang rapi dan juga salah. Padahal, berbekal laporan tersebut kondisi keuangan bisnis bisa diatur dengan lebih baik sehingga target yang dicanangkan bisa dicapai.

Kenapa Pengelolaan Keuangan Harian Sangat Penting?

Mengelola keuangan harian pada bisnis adalah hal yang harus dilakukan. Pengelolaan ini begitu krusial karena akan membantu pelaku usaha untuk mengetahui arus masuk dan keluar yang ia dapatkan.

Tidak hanya itu, dengan pengelolaan yang baik nantinya mereka bisa melakukan evaluasi pada strategi bisnis yang diterapkan. Laporan yang baik nantinya bisa menjadi inspirasi untuk melakukan pengelolaan bisnis serta pemilihan strategi yang lebih tepat.

Cara Mengelola Keuangan Usaha yang Tepat

Berbincang tentang pengelolaan keuangan harian pada pelaku bisnis, ada beberapa cara pengelolaan yang perlu diketahui dan dijalankan. Pemahaman tentang cara pengelolaan ini nantinya tentu akan memudahkan bagaimana pengelolaan dilakukan dengan hasil yang lebih baik.

Adapun beberapa tata cara pengelolaan yang bisa dilakukan untuk hasil yang efektif adalah sebagai berikut:

1)      Memisahkan uang usaha dengan uang pribadi

Terkait pengelolaan uang bisnis, memisahkan uang yang digunakan untuk keperluan bisnis dan uang pribadi adalah hal yang penting. Ini adalah konsep mendasar yang harus dijalankan oleh para pelaku UMKM.

Kesalahan yang sering terjadi adalah para pelaku bisnis mencampur uang mereka dengan alasan modal yang masih minim. Padahal, percampuran ini nantinya akan merepotkan mereka sendiri di mana arus keuangan cenderung tidak stabil dan bisa jadi uang modal habis tanpa disadari.

2)      Membuat laporan keuangan

Untuk pengelolaan keuangan harian yang lebih baik, membuat laporan keuangan adalah hal yang tepat dilakukan. Laporan keuangan ini nantinya bisa menjadi data yang cukup efektif untuk melihat arus masuk dan keluar serta detail keuangan lainnya.

Untuk Anda yang memiliki pendapatan harian, maka berusahalah untuk menuliskan detail transaksi secara konsisten. Hanya konsistensi yang nantinya bisa membantu Anda mendapatkan laporan yang tepat untuk keperluan evaluasi/

3)      Menggunakan laba dengan bijak

Tentu, dari penghasilan harian yang didapatkan, ada laba yang bisa digunakan. Hanya saja, untuk pengaturan keuangan yang lebih sehat, laba harus dipergunakan dengan lebih bijak.

Dalam hal ini, simpan sejumlah pendapatan terlebih dahulu sesuai dengan target keuangan yang dicanangkan. Setelah itu, gunakan laba untuk memenuhi kebutuhan lain yang lebih penting.

Buku Warung, Solusi Pengelolaan Keuangan Harian yang Lebih Baik

Jika Anda merasa bahwa Anda belum bisa mengelola keuangan harian dari usaha dengan baik, maka Anda bisa menggunakan aplikasi Buku Warung. Ya, aplikasi catatan keuangan bisnis ini bisa dijadikan alat bantu mencatat detail transaksi dengan lebih mudah.

Tidak hanya itu, Buku Warung menyediakan beragam fitur yang selain lengkap, juga sangat berguna. Anda akan menemukan beberapa fitur penunjang, seperti pembukuan ganda untuk memudahkan Anda melakukan pencatatan keuangan dari dua atau lebih bisnis yang berbeda.

Nah, tunggu apalagi, segera saja dapatkan aplikasi ini dan mulai pencatatan keuangan harian bisnis Anda dengan lebih baik. Semoga bermanfaat.

Deskripsi: keuangan harian menjadi hal yang harus diperhatikan oleh para pelaku UMKM untuk memastikan bisnis mereka berjalan dengan lancar.

Post a Comment

0 Comments